Skip to content

Bunga di Tepi Jalan.. (Jelajah Taman Bunga)

September 5, 2011

Kamis, 1 September 2011 kemarin menjadi hari yang cukup menyegarkan di Hari pertama setelah Lebaran 1432 H. Pasalnya kami (saya beserta keluarga) pergi beramai-ramai ke Taman Bunga Cipanas-Cianjur, Jawa Barat. Awalnya kami hanya berniat untuk mengunjungi sanak family yang ada disana, tetapi hal tersebut berbuntut jadi perjalanan rekreasi yang cukup menyenangkan.

Perjalanan kami dimulai pada pukul 09.00 WIB dari arah Sukabumi dan sampai di Cipanas pada pukul 11.00 WIB. Dua jam kami habiskan di perjalanan dengan perasaan lega, berhubung kondisi lalu lintas jalan yang belum terlalu padat.

Sesampainya di tempat saudara, tepatnya di daerah Cibadak-Cipanas, tentunya hal yang pertama kami lakukan adalah memohon maaf atas semua kekhilafan. Moment Lebaran tuk saling memaafkan sekaligus ajang perekatan kembali tali silaturahim yang (mungkin) sempat terputus dikarenakan jarangnya bertemu. Banyak hal berubah disana, jalan disekitar rumah yang setahun lalu sempat ditumbuhi pepohonan kini mulai gundul. Udaranya pun kini tak sesejuk dahulu, panas dan gersang. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan langkah kami untuk pergi menjelajah. Hhehe~ walaupun penjelajahan  singkat.

Setelah beristirahat sejenak di tempat saudara, akhirnya sekitar pukul 13.00 WIB kami putuskan untuk pergi ke Taman Bunga. Jarak yang biasanya hanya memakan waktu sekitar ±15 menit saat itu terasa panjang dan melelahkan. Hampir satu jam-an lebih kami terjebak di perjalanan yang memang padat merayap. Walaupun kami memilih untuk memakai jalan alternatif, namun hal itu tak bereaksi apa-apa karena di tiap jalan (utama maupun alternatif) telah penuh sesak oleh kendaraan roda empat ataupun dua.

Pada pukul 14.00 WIB akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Butuh waktu sekitar setengah jam untuk bisa masuk kedalam. Pengunjungnya sangat ramai dan membuat kami sedikit kebingungan saat dipintu masuk. Tapi hal tersebut terbalaskan tatkala kami memasuki areal utama Taman Bunga, yang seolah menyambut para pengunjungnya dengan panorama luar biasa. Disisi kiri-kanan kami terdapat bermacam bunga-bungaan yang indah bentuknya. Pandangan kami pun dimanjakan oleh aneka warna-warni bunga yang sangat melenakan, sampai kami pun lupa panasnya terik matahari yang saat itu memanggang.

Masih di kawasan utama Taman Bunga, disana bisa kita temukan sebuah areal yang dinamakan “Jam Taman”. Areal ini dinamakan Jam Taman dikarenakan adanya sebuah jam raksasa, yang mana hampir sebagian besar ornamennya dihiasi oleh bunga-bungaan. Tanaman bunga ini (dengan sengaja) dibiarkan tumbuh mengelilingi seluruh bangunan jam yang memang berbentuk lingkaran. Serta jangan salah, Jam ini juga berfungsi lho! dan berputar sesuai dengan waktu yang sebenarnya.

 

Selain itu ada pula replika ukuran besar setengah badan dari Dewi Kunti/ Kunti Devi. Akan tetapi saat itu kami hanya sempat berfoto dengan patungnya tanpa sedikitpun membaca kisahnya.^^

 

Dari sana, penjelajahan di Taman Bunga kami lanjutkan dengan mengunjungi Taman Rahasia atau Labyrinth Garden. Kami tidak menemukan banyak keasyikan disana selain berputar-putar menemukan jalan tuk kembali pulang. Hhe~ untuk sebagian saudara kami yang masih kecil hal ini adalah hal yang paling menarik karena membuatnya aktif berlari kesana-kemari dalam mencari jalan. Tapi bagi kami yang memang sudah lanjut, enggan sekali rasanya berbuat demikian. Hehe~

 

Setelah itu ada kawasan yang bernama Taman Bali. Taman yang didisain dengan bergaya arsitektur Bali. Menghadirkan banyak patung, pahatan serta tanaman-tanaman yang khas dengan nuansa bali; salah satunya seperti Kamboja. Lalu tak lupa adanya gapura besar khas Bali yang memberi sentuhan terakhir untuk taman ini sehingga menjadi Bali banget!

 

Berhubung singkatnya waktu yang kami miliki, akhirnya penjelajahan kami di Taman Bunga ini hanya sampai di Taman Amerika (American garden). Di taman ini kami kurang bisa melihat letak kekhasan-nya negara Amerika selain ukuran tanaman bunganya yang lumayan tinggi seperti ilalang. Akan tetapi berfoto-ria di Taman Amerika ini cukup mengasyikan juga .

 

Sebenarnya masih sangat banyak kawasan yang belum kami kunjungi, seperti; taman Jepang, Taman Prancis, Taman Belanda, dll. Tapi apa mau dikata, waktu tiga jam nyatanya tidaklah cukup untuk bisa menjelajahi semuanya. Semoga suatu saat bisa kembali lagi, tentunya dengan waktu yang lumayan panjang..

 

 

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: